Open Source bukan berarti kita membajak ilmu orang lain



Dilema...







Mungkin itu yang aku merasakan saat ini dengan pengertian open source...

Apa sech open source itu????

Secara etimologi :
Open = " Terbuka "
Source = " Sumber / Ilmu "
Open Source mungkin dapat diartikan sebagai ilmu yang terbuka, dapat dikembangkan, dan dibagikan kepada semua orang.

Tapi, apakah betul open source itu seperti itu ???

???


Aku merasakan sesuatu yang lain dengan pengertian Open Source.
Entah mengapa, aku sedikit bingung dengan pengertian Open Source. Walaupun saat ini aku tergabung dengan SaOS ( Sanata Dharma Open Source ) tapi kenapa aku kurang bisa memahami arti Open Source.

Ada beberapa hal yang membuat aku bingung....
1. Apakah semua ilmu yang kita berikan / share ke orang lain itu Open Source ???
2. Apakah meniru / mencontek hasil karya orang lain itu bisa disebabkan karena Open Source ???

Pertanyaan itu bersumber dari dalam diriku yang mungkin terlalu kecewa dengan apa yang saat ini aku alami.
Aku sering mendapati teman-temanku yang terlalu tergantung kepada orang lain dalam mengerjakan suatu tugas.

" Just 1 Source 4 All "
Hanya 1 orang yang mengerjakan, dan yang lainnya hanya mengcopy hasil kerjaannya itu tanpa adanya usaha dari dirinya terlebih dahulu.

Apakah itu yang dinamakan Open Source ???

Mengapa mereka tidak merasa malu dengan kebiasaannya?? Kita tidak mungkin bisa berkembang jika hanya berharap kepada orang lain.

Semua orang sebenarnya pintar,.. Tetapi seringkali malas..
Kita semua sebenarnya mempunyai potensi yang besar, tetapi semua itu kembali kepada diri kita masing-masing sesuai dengan cara kita menggali dan menggembangkan potensi yang telah kita miliki..

I Hope....

Teman-temanku yang mungkin saat ini masih hanya menunggu dan mengharapkan ilmu dari orang lain, cobalah untuk memulai terlebih dahulu dari diri sendiri. Ketika sudah mencapai jalan buntu, barulah kita tanya kepada orang lain..

Aku juga ga mau munafik... aku juga masih sering seperti itu.. tapi aku ingin memulai sesuatunya dari awal.. dan aku mau berusaha untuk itu...

" Jangan hanya membajak ilmu orang lain,... Tapi, tidak mau membagikan ilmu yang sudah kita punya... "

Di dunia ini, tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha....





1 komentar:

Unknown mengatakan...

wah min.... aku seh setuju aja kalo emang kayak getu...

bagi saya open source tuh kita mau bagikan apa yang kita ketahui dengan orang lain tanpa merasa dirugikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain n kita gak mengharapkan balasan kox.. (wah udah kayak misionaris Katolik aja aku neh.....)

kalo ngopi kerjaan orang laen seh aku sering, tapi waktu aku minta yang penting yang punya setuju aja n bis itu aku pelajari n aku edit2 biar tambah sakti....

jadi gak cuman nelan mentah2 kerjaan orang lain.....

kita pake kerjaan orang laen boleh aja asal kita tuliskan referensinya dari mana kita dapat tuh barang. kalo gak pun, ucapkan trima kasih wat orang yang dah kasi kita referensi itu....

remember...." Knowledge belongs to us and human being, thanks to God ..."

Design by: Liemin