Cara Import data dari spreadsheet ke Database

Buat temen-temen satu profesi (IT tentunya). Uda pernah blom dapet masalah buat import data dari spreadsheet ke Database????
Sebenernya sech semuanya ga akan jadi masalah jika data yang di masukan cuma dikit.. Tapi, kalo datanya banyak ( ratusan/ribuan ), gmana rasanya klo kita masukkin data secara manual pake query pula... hehehe...
Nah, kebetulan gw baru aja tapetin cara cepet buat import data dari spreadsheet ke Database dengan cepat, tanpa perlu pake query..
Dalam hal ini data spreadsheet yang gw pakai adalah data sebanyak 1850 data dan database yang gw pake adalah MySQL.

Langkah-langkahnya lumayan simple dan bisa dibilang cukup gampang. hehe...
Nech gw kasih tau caranya :

  1. lo kudu siapin data spreadsheetnya ( .ods buat yang peke openoffice atau .xls buat yang masi pke barang mahal)
  2. lo buka filenya, trz lo save as pke extensi .csv
  3. nah, berhubung gw buatnya pke linux 'n pke open office, waktu gw mau save as jadi .csv, ada sedikit yang perlu diperhatiin. (waktu export of text files)
  4. nah, lo ubah bagian Field delimiternya jadi ( ; ), trus Text delimiternya lo kosongin aja. Biz itu lo pilih OK.
  5. biz itu lo buka software database yang lo pake. (gw pke MySQL) -->with SQLyog..
  6. Lo cari database 'n table yang mau lo import datanya..
  7. truz lo cari perintah import data from CSV.
  8. biz itu tgl lo cari aja file CSV di komputer lo, biz itu lo pilih import.

kayanya cuma gitu dech caranya.. hehe,... moga sukses 'n bermanfaat ya.. hehe...

nb :
kalo masi gagal juga, berarti lo kurang doa 'n kurang sabar..
klo masi ga bisa juga?? lo call me aj... wkwkwkwkwk........

0 komentar:

Design by: Liemin